Thursday 15 September 2016

Memasang Printer IP2770 di Debian GNU/ Linux Jessie

Assalamualaikum wr wbKali ini saya akan men-sharing tutorial tentang cara menginstal printer Canon IP 2770 di Debian Jessie. Ok, langkah pertama yakni siapkan printernya dan pastikan printer dalam kondisi normal. Setelah itu, kita cari driver Canon IP 2770 yang khusus untuk Debian Jessie. Kata kunci yang saya gunakan untuk mencarinya di Google, "download driver canon ip2770 for debian". Situs web yang saya gunakan adalah http://support-sg.canon-asia.com/contents/SG/EN/0100272002.html. Kemudian unduh dan paket siap diinstal. Sebelum diinstal, ekstrak dahulu dengan Engrampa Archieve Manager (atau program apapun yang anda sukai) dan letakkan di tempat yang anda inginkan. Kalau saya di /home/noviar/Documents. 

 Saya mencoba menginstal via Command Line Interface (CLI). Masuk sebagai root dengan perintah su. Setelah itu masuk ke folder tempat anda menyimpan hasil ekstrak. Kalau saya masuk ke direktori /home/noviar/Documents/cnijfilter-ip2700series-3.30-1-i386-deb.Dengan perintah ls kita bisa melihat isi dari folder tersebut, yakni install.sh; direktori packages dan resources. Kita masuk ke direktori packages. Disitu terdapat 2 file dengan ekstensi deb. Kita coba menginstalnya dengan perintah : dpkg -i *.deb. Ternyata tidak berhasil diinstal di sistem saya karena libtiff4 belum diinstal. Hemmm...

Ok, dengan semangat never give, saya langsung bertanya kepada mbah Google, dimana letak file tersebut. Oleh mbah Google ditunjukkan di : https://packages.debian.org/search?keywords=libtiff4. Saya mencoba mencari yang sesuai dengan Debian 8 Jessie, ternyata tidak ketemu. Akhirnya saya mencoba menggunakan file di : https://packages.debian.org/wheezy/libtiff4, daripada tidak sama sekali hehehe :) File tersebut, setelah diunduh, saya letakkan di folder Downloads. Masuk ke direktori tersebut dan instal dpkg -i libtiff4_3.9.6-11+deb7u1_i386.deb. Dan apa yang terjadi, sodara-sodara? Masih ada file yang belum terinstal, yakni libjpeg8. Saya cari lagi dan alhamdulillah ketemu di https://packages.debian.org/wheezy/libjpeg8. Seperti biasa, saya letakkan di folder Downloads dan saya instal dengan perintah dpkg -i libjpeg8_8d-1+deb7u1_i386.deb. Alhamdulillah berhasil.

Karena libjpeg8 sudah terinstal, sekarang kita coba menginstal libtiff4 dengan perintah dpkg -i libtiff4_3.9.6-11+deb7u1_i386.deb dan hasilnya... berhasil. Sekarang tinggal paket utama, yang di direktori /home/noviar/Documents/cnijfilter-ip2700series-3.30-1-i386-deb/packages. Kita masuk ke direktori tersebut dan menginstal dengan paket-paket tersebut dengan perintah : dpkg -i *.deb. Hasilnya seperti yang kita harapkan, berhasil.Yeiiiyyyyy. Ok langkah terakhir kita tinggal memeriksa apakah printer sudah muncul di Print Settings. Setelah masuk, alhamduillah printer Canon IP 2770 series sudah muncul secara otomatis di Print Settings. Kita coba yuk dengan mencetak print test page. Alhamdulillah, its work.

No comments:

Post a Comment