Monday 19 September 2016

Libreoffice 5.2 di Slackware 14.2; siapa takut???

Assamualaikum wr wb

Awalnya aku hanya ingin mengetik di Slackware 14.2. Setelah saya telusuri, ternyata tidak ada Libreoffice, yang ada hanya Calligra. Sebenarnya sih sama aja, tapi saya kok tetep sreg dengan Libreoffice ya. Bismillah, aku niatkan untuk menginstal Libreoffice 5.2 di Slackware 14.2.

Pertama, saya mencari di Google dengan keyword : "tutorial how to install libreoffice on slackware". Secara muncul hasilnya, gantian saya yang bingung, ngga mudeng wkwkwkw. Ok sekarang saya coba ganti keyword-nya dengan bahasa indonesia, yakni "cara instal libreoffice di slackware".

Di halaman hasil telah muncul beberapa hasil, dan menurut saya, yang mudah dipahami adalah blog catatan mas biru langit. Bahasanya runut, sistematis dan mudah dicerna. Ok kita coba bersama-sama.
  1. Unduh installer aplikasi Libreoffice terbaru disini ya. Pastikan sesuai dengan arsitektur komputer/ notebook anda (x86 untuk 32 bit dan x64 untuk 64 bit). Jangan lupa, cari yang berekstensi rpm ya. Pastikan anda tahu letak file tersebut (kalau saya di /home/noviar/Downloads)
  2. Buka terminal/ Konsole, kemudian masuk sebagai root dengan perintah su. Tanda yang semula $ akan berubah menjadi #. Masuk ke direktori tempat anda meletakkan file tersebut dan periksa dengan perintah ls.
  3. Ekstrak file libreoffice dengan perintah # tar -xzvf LibreOffice_5.2.1_Linux_x86_rpm.tar.gz. Opsi x artinya mengekstrak file dari arsip. Opsi z artinya  untuk mengekstrak file arsip tar.gz. Opsi v artinya melihat progress dari file yang diekstrak. Opsi f artinya nama dari file. 
  4. Setelah diekstrak, akan muncul direktori dengan nama LibreOffice_5.2.1.2_Linux_x86_rpm. Masuk ke direktori tersebut dengan perintah cd LibreOffice_5.2.1.2_Linux_x86_rpm. 
  5. Di direktori tersebut, terdapat 2 buah folder dan 1 buah file. Foldernya yakni readmes dan RPMS. Sedang file hanya satu, yaitu install.
  6. Kita masuk ke direktori RPMS, kemudian kita akan mengubah semua rpm menjadi tgz dengan perintah : # rpm2tgz *.rpm. Setelah proses konversi selesai, pastikan semua file *.rpm mempunyai kembaran *.tgz.
  7. Sekarang kita instal paket-paket tgz tersebut diatas dengan perintah : #  installpkg *.tgz. Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai. 
  8. Langkah terakhir, kita cek apakah sudah muncul di kde > Applications > Office. Jika ya, berarti selamat... Anda telah berhasil menginstal Libreoffice 5.2 di Slackware 14.2.
Simpulannya, ternyata Libreoffice 5.2 bisa diinstal di Slackware 14.2 meskipun membutuhkan proses mengubah rpm menjadi tgz dan menginstalnya.

Wassalamualaikum wr wb

Referensi :
  • https://if-unsika-10190.blogspot.co.id/2012/11/cara-install-libre-office-di-slackware.html?showComment=1474260156780#c7502805028276227553
  • http://cubnetwork.com/menguasai-tar-command-di-linux/


No comments:

Post a Comment