Tuesday 17 December 2013

Tutorial Koneksi Modem Huawei E173 di Kubuntu 12.04

Assalamualaikum wr wb

Tadi malam (16-12-2013), saya baru saja mengganti opensuse 12.3 menjadi Kubuntu 12.04. Setelah update yang melelahkan sampai jam 02.30 WIB, pagi ini saya mencoba melakukan koneksi modem E173.


Saya mencoba menyetingnya di KDE Control Module. Ternyata untuk tab Mobile Broadband belum bisa digunakan. Karena dulu saya sudah pernah mengalaminya di linux mint, maka saya mencoba menerapkannya di kubuntu.

Langkah pertama, yaitu dengan mengetikkan lsusb di terminal. Dari man lsusb, lsusb is a utility for displaying information about USB buses in the system and the devices connected to them (lsusb adalah alat/ perintah untuk menampilkan informasi mengenai bus-bus usb yang terdapat dalam sistem dan peralatan-peralatan yang terkoneksi dengannya.





Langkah kedua, mengedit file /etc/modules. File tersebut memuat modul-modul kernel pada saat booting. Saya menggunakan editor nano, jadi pada saat menyimpan tekan tombol ctrl + o, kemudian enter, setelah itu keluar dengan menekan tombol ctrl + x. Pastikan anda menggunakan sudo ya.

Setelah selesai mengedit, saya merestart notebook dan berdoa, semoga berhasil. Namun apa yang terjadi pemirsa, tab mobile broadband masih belum bisa digunakan. 

Saya mencoba (lagi) cara lain yakni dengan mengedit file /lib/udev/rules.d/40-usb_modeswitch.rules, tetap pake sudo sebelumnya ya.




Cari :
# Huawei E173
ATTRS{idVendor}=="12d1", ATTRS{idProduct}=="1557", RUN+="usb_modeswitch '%b/%k'"

kemudian ganti sesuai dengan hasil lsusb modem anda, kalau saya :
# Huawei E173
ATTRS{idVendor}=="12d1", ATTRS{idProduct}=="1446", RUN+="usb_modeswitch '%b/%k'"

Setelah itu, simpan dan keluar. Kemudian, lepas modem dan pasang kembali. Oila, it works.


Langkah terakhir, kita hanya menyiapkan koneksi mobile broadband.



















Demikianlah tutorial dari saya, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr wb





No comments:

Post a Comment