Thursday 5 October 2017

Tempat Sampah di Samba


Pagi ini, saya mendapat komplain dari user bahwa data yang tersimpan di dataterpusat hilang. Dia mengatakan sudah mencarinya dan belum ketemu. Dia minta tolong kepada saya untuk mencarikannya.

Hemmm... masalah baru lagi nih. Bagi yang belum tahu, dataterpusat adalah sebuah map network drive yang menggunakan samba dengan sistem operasi Debian 8. Saya mencoba mencarinya langsung di server. Ternyata ada yang meng-cut dan memindahkannya ke folder lain.

Problem solved. Untuk kedepannya, saya harus menyiapkan tempat sampah di Samba. Saya searching di google dan alhamdulillah ketemu. Ternyata saya harus menginstal dan meng-enable-kan modul VFS di Samba.

Berikut langkah-langkah pengerjaannya :
1. Instal modul vfs dengan perintah : # apt-get install samba-vfs-modules
2. Edit file samba dengan nano : # nano /etc/samba/smb.conf
3. Tambahkan baris-baris berikut di file tersebut diatas, di bagian yang akan diberikan tempat sampah. Kalau disini ya di section Dataterpusat.
    vfs objects = recycle
    recycle:repository = .recycle
    recycle:keeptree = yes
    recycle:versions = yes

4. Simpan file tersebut diatas dan restart service samba dengan perintah :
    # /etc/init.d/smbd restart
    # /etc/init.d/nmbd restart
5. Ok saatnya pengecekan, hapuslah file yang kira-kira tidak diperlukan (contoh : dp.jpg). Hal ini dilakukan untuk membuat folder .recycle didalam folder Dataterpusat.Tenang aja, ini otomatis kok :)
6.  Setelah itu, kita cari file yang terhapus di /home/noviar/noviar/dataterpusat/.recycle. Ternyata di situ ada file dp.jpg
7. Jika kita kemudian berubah pikiran bahwa file tersebut sangat penting maka untuk me-restore-nya, kita tinggal memindah file tersebut dengan perintah : # mv dp.jpg /home/noviar/noviar/dataterpusat/
8. Selamat, file anda sudah kembali ke tempat semula

Daftar Pustaka

  • https://www.samba.org/samba/docs/man/manpages/vfs_recycle.8.html
  • https://unix.stackexchange.com/questions/112063/how-can-i-have-a-trash-recycle-bin-for-my-samba-shares

No comments:

Post a Comment