Thursday 31 October 2013

Cara Instal VLC player di Opensuse 12.3

Sebenarnya di Opensuse terdapat Kaffein player, namun pada saat saya akan melihat video dengan format mkv tidak bisa. Akhirnya saya mencoba menginstal VLC player.

Setelah browsing, saya menemukan sebuah artikel cara menginstalnya di http://www.videolan.org/vlc/download-suse.html. Disitu terdapat tiga cara dalam menginstal vlc.

Yang pertama adalah Install VLC using 1-click install (memasang vlc hanya dengan satu klik saja), yang kedua menggunakan Yast, dan yang terakhir menggunakan command line.

Saya tertarik untuk menggunakan metode ketiga, yakni command line. Langkah pertama, ketikkan siudo zypper ar http://download.videolan.org/pub/vlc/SuSE/<SUSE version> VLC di terminal. Ganti <SUSE version> dengan versi suse/ opensuse yang kita gunakan. Jadi saya ketikkan sudo zypper ar http://download.videolan.org/pub/vlc/SuSE/12.3 VLC. Perintah tersebut [ar = add repo] berarti menambah repository.

Langkah kedua, ketikkan sudo zypper mr -r VLC di terminal. Arti dari mr adalah modifyrepo dengan menambah opsi meng-enable auto refresh dari repo tersebut. 

Langkah terakhir, ketikkan  sudo zypper in vlc. Artinya, kita akan menginstal vlc. O ya, jika nanti ditengah-tengah proses instal, ada perintah please insert medium [] #1 and type 'y' to continue or 'n' to cancel the operation, masukkan dulu cd/ dvd instalasi anda, kemudian ketik y. Selanjutnya, tunggu proses instalasi berjalan sampai dengan selesai. Jika sudah kembali ke prompt, berarti instalasi VLC berjalan lancar, selamat....

sumber :

No comments:

Post a Comment