Tuesday 19 July 2011

Gambas, Sebuah Pengantar


Assalamualaikum wr wb

Hari ini aku mencari tutorial mengenai Gambas via google. Namun kebanyakan menggunakan bahasa inggris, jarang yang berbahasa Indonesia. Tiba-tiba aku mempunyai ide, bagaimana kalo mencari sebuah e-book berbahasa inggris dan menerjemahkan (semampu saya dan secara bebas) ke dalam bahasa Indonesia. Alhamdulillah, saya menemukan sebuah e-book dari pengarang John W. Rittinghouse dengan judul "A Beginner's Guide to GAMBAS". Semoga Alloh memberikan kemauan, kemampuan dan kesempatan untuk menuliskannya ke dalam blog. Insya Alloh.


Memperkenalkan Gambas

Gambas pada awalnya dibuat oleh Benoît Minisini, penduduk daerah pinggiran kota paris. Sesuai dengan pendapat Benoît, Gambas adalah bahasa pemrograman basic dengan perluasan obyek. Nama Gambas sendiri merupakan permainan kata “ Gambas almost means Basic” dan menurut penulisnya, Gambas dikembangkan karena pengalaman pemrogramannya pribadi dengan software Microsoft Visual Basic. Daripada menghadapi bug-bug yang menghebohkan dan ditemukannya beberapa keanehan di produk tsb, maka dia memutuskan untuk membuat Gambas.

Gambas memiliki lisensi dibawah GNU Public License dan telah memiliki popularitas yang besar. Gambas dapat berjalan di kebanyakan platform linux dan sekarang (pada saat buku ini ditulis) versi stabilnya adalah rilis 1.0.9. Minisini mengatakan dengan sangat jelas bahwa gambas tidak kompatibel dengan visual basic dan tidak akan pernah dibuat kompatibel. Sintaks dan proses internal Gambas jauh lebih baik dan lebih ramah pengguna. Minisini menyatakan bahwa dia mengambil dari visual basic apa yang dia pikir bermanfaat : bahasa pemrograman basic, lingkungan pembangunan sebuah program dan kemampuan membuat sebuah program secara cepat dan mudah serta menggunakan antarmuka pengguna dengan grafis.

Minisini tidak menyukai keseluruhan tingkat rendah pemrograman yang biasanya terjadi di banyak program visual basic. Banyak yang percaya bahwa masalah ini mungkin karena developer memaksa menggunakan praktek pemrograman aneh sebagai hasil dari bug-bug dengan cakupan luas dan keanehan yang ganjil dari bahasa VB. Gambas telah dibangun secara bertautan, logis dan handal. Karena gambas dibangun dengan pendekatan memperkaya gaya pemrograman serta mengambil yang terbaik dari bahasa pemrograman basic, adanya tambahan pemrograman berbasis obyek yang diijinkan membuat gambas menjadi populer, modern stabil lingkungan pemrograman yang dapat digunakan untuk pengembang linux.

No comments:

Post a Comment